Senin, 05 April 2010

Suku Batak di Filipina

Apakah Batak Filipina dan batak di Indnesia Sama???

Batak yang di maksud disini adalah salah satu dari sekitar 70 masyarakat adat dari Filipina. Mereka terletak di bagian timur laut Palawan, pulau yang relatif besar di barat daya kepulauan. Hanya ada sekitar 500 Batak tersisa. Juga disebut Tinitianes, Batak dianggap oleh para antropolog harus terkait erat dengan Ayta Luzon Tengah, suku Negrito lain. Mereka cenderung bertubuh kecil, dengan kulit gelap dan pendek ikal atau "keriting" rambutnya, ciri-ciri yang awalnya mengumpulkan para "Negrito" kelompok nama mereka. Namun, ada beberapa perdebatan mengenai apakah orang Batak terkait dengan kelompok Negrito lain Filipina atau benar-benar lain, secara fisik kelompok serupa di Indonesia atau sejauh pulau Andaman.

Batak telah selama berabad-abad menggabungkan gaya hidup berburu pengumpulan dengan pembibitan tanaman pangan yang berguna, kaingin, tebang dan bakar sebuah metode pertanian, dan perdagangan. Hal ini diyakini bahwa mereka mungkin memiliki hubungan perdagangan dengan pedagang Cina sejak 500 AD. Mereka adalah orang-orang yang agak xenophobia, secara teratur mundur ke hutan untuk menghindari kontak dengan orang luar.

Sebagai hasilnya, selama pertengahan hingga akhir abad ke-20 Batak itu mudah mendorong keluar dari dasar pengumpulan disukai oleh laut ke pegunungan oleh emigran petani, sebagian besar dari Luzon. Tinggal di daerah-daerah yang kurang subur, mereka telah berusaha untuk menambah penghasilan mereka dengan panen dan menjual berbagai nontimber hasil hutan, seperti rotan, pohon resin, dan madu. Hal ini telah bertemu dengan perlawanan oleh pemerintah dan komersial kolektor, yang menyatakan bahwa Batak tidak memiliki hak legal untuk sumber daya tersebut. Konservasionis, bagaimanapun, telah tertarik pada metode koleksi Batak, yang jauh lebih berkelanjutan daripada teknik yang digunakan oleh pemegang konsesi komersial.

Batak pernah jadi orang nomaden, tetapi karena, atas perintah dari pemerintah, menetap di desa-desa kecil. Namun, mereka sering pergi pada pengumpulan perjalanan ke hutan selama beberapa hari pada satu waktu, sebuah aktivitas yang memiliki ekonomi dan nilai spiritual bagi mereka. Sistem kepercayaan mereka adalah bahwa dari animisme, yang kepercayaan pada roh-roh yang berada di alam. Beberapa, yang disebut "Panyeon", umumnya curiga terhadap manusia tetapi toleran terhadap mereka, selama orang tidak menyalahgunakan atau limbah sumber daya hutan. Roh-roh lain, yang disebut "Diwata" umumnya baik hati. Semua berubah-ubah. Batak secara teratur persembahan kepada roh-roh tersebut, dan Dukun mengalami kepemilikan rohani untuk berkomunikasi dengan roh-roh dan menyembuhkan orang sakit.

Cepat depopulasi, Pembatasan akses hutan, hidup berpindah-pindah, dan serangan oleh imigran telah menghancurkan kelompok budaya. Hari ini, sangat sedikit Batak menikah Batak lain, tetapi cenderung untuk menikah dari kelompok tetangga lain. Pola telah daripada anak-anak dari perkawinan ini cenderung untuk tidak mengikuti cara-cara budaya Batak, dan hari ini "murni" Batak yang langka. Akibatnya Batak sedang diserap ke dalam kelompok yang lebih menyebar dari dataran tinggi masyarakat adat yang memperlambat kehilangan identitas kesukuan mereka, dan dengan itu spiritualitas mereka yang unik dan budaya; bahkan ada beberapa perdebatan mengenai apakah atau tidak mereka masih eksis sebagai etnis yang berbeda entitas. (Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar