Jumat, 14 Mei 2010

Macam - Macam Pita Suara




1. Pita Suara Tipis
Jenis yang satu ini suara yang keluar ada di bagian atas alias nada tinggi. Tetapi kekurangannya ada di nada rendah. "Contohnya Jeng Kelin" yang sering muncul di Tivi-tivi, atau Candil mantan vokalisnya Serious. Buat yang punya karakter suara seperti ini hindari nyanyi di sura rendah dan range yang lebar.






2. Pita Suara Tengah
Jenis yang ini, sedang-sedang aja. Ketinggian gak bisa, yang rendah-rendah juga gak bisa. Jadi harus hati-hati di suara tinggi atau rendah. Cocoknya di lagu-lagu pop.



3. Pita Suara Tebal
Yang punya jenis ini bisa jadi cukup beruntung, sebab lagu yang dinyanyikan terkesan besar. Contohnya "Beby Romeo" dengan hits "Bunga Terakhir" atau "Josh Groban" lewat "You Raise Me Up". Lupakan nyanyi di nada tinggi dan selektif memilih lagu buat dinyanyiin jadi saran yang musti di perhatikan.




4.Pita Suara Elastis
Jenis yang ini paling banyak dicari-cari sama semua vokalis dunia. Sebab pemilik pita suara yang jenis ini bisa nyanyiin lagu dari nada rendah sampai ke nada tinggi. Kenapa begitu? Sebab pita suara bisa menebal dan menipis sendiri, namanya juga elastis. Range vokalnya sampe 5 oktav bisa dicapai seperti Mariah Carey, dengan satu syarat harus latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar